Selasa, 13 November 2012

Curriculum Vitae



Saya lahir tepatnya di Kampung Cikuya Desa Sindangasih, Tasikmalaya Jawa Barat, pada Bulan Maret 1980. Kampung tersebut berjarak ± Tujuh kilometer dari Kantor Kecamatan Cikatomas dan 43 kilo meter dari kantor Kabupaten Tasikmalaya. Tumbuh dan berkembang dari kultur kampung yang telah melahirkan banyak intelektual dalam bidang pendidikan dan Agama. Ibunda bernama Hj. Siti Mardiah dan ayahanda bernama H. Muslih Suryana (Alm). Tokoh Masyumi yang semasa hidupnya dihabiskan untuk mengelola Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang didirikan bersama kakak tuanya. Uang hasil gajinya sebagai guru dan kepala MIs banyak dihabiskan untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga ke pendidikan tinggi bahkan sampai ke pendidikan doktoral. Istri penulis, Holis Anilah, Sarjana Pendidikan Islam STAIN Cirebon yang dinikahi pada tanggal 09 Agustus tahun 2006. Saat ini penulis telah dikaruniai dua orang anak kembar: Muhammad Rifa’ Jawad dan Muhammad Rafi’ Jawad.

Pendidikan dasar, Pendidikan menengah pertama, dan perguruan tinggi, penulis belajar di lingkungan Agama. Selesai dari Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah penulis melanjutkan ke pendidikan umum di SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya dan melanjutkan pendidikan Agama kembali di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon Jurusan Tarbiyah Bahasa Inggris hingga lulus tahun 2003. Kuliah dikampus pendidikan agama, dapat disebut sebagai pendidikan “keharusan” atas usaha ayahanda tercinta dan kakak kandungnya yaitu Prof Dr. H. Cecep Sumarna, untuk belajar di Cirebon dengan harapan tumbuh menjadi penerus ayahnya.
Setelah lulus kuliah S1, penulis tidak langsung melanjutkan pendidikan S2, malah penulis aktif di NGO Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Cirebon yang bergerak pada isu kesehatan keluarga melalui kemitraan Indonesian HIV-AIDS Prevention Care and Project (IHPCP)-Australian Government AusAID sejak Tahun 2004 hingga 2009. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan kemitraan Global Fund Round 8 hingga sekarang. Selain bergerak pada isu kesehatan masyarakat, penulis juga berkiprah dilembaga pendidikan yaitu STKIP Muhammadiyah Kuningan Jawa barat sebagai dosen sejak tahun 2009 hingga sekarang.
Selain itu penulis juga pernah nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah kampung Cikuya sejak MI sampai MTs, dan pernah nyantri di pesantren Nurul Hikmah Nagrak Cikatomas pada saat penulis sekolah di SMA Negeri 1 Cikatomas pada tahun 1995-1996 walaupun hanya sebentar. Penulis merupakan seorang yang hobi dalam berorganisasi, bahkan sejak Pendidikan Dasar hingga sekarang. Salah satu organisasi yang pernah digelutinya: Pramuka, OSIS, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon sejak tahun 1998-2002, Mahasiswa Pencinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA) STAIN Cirebon tahun 2000, English Program Student Association (EPSA) pada tahun 1998-2000, Paguyuban Mahasiswa Priangan Timur Wilayah Cirebon tahun 1998-2003, NGO Komunitas Masyarakat Untuk Transformasi Regional (KOMUNAL) tahun 2000-2009, LPSM Nurjati Cirebon yang bergerak pada pemberdayaan Agama bagi remaja sekolah pada tahun 1999-sekarang, Gerakan Anti Narkotika (DPD GRANAT) Kota Cirebon tahun 2007-sekarang, dan DPD KNPI Kota Cirebon periode 2008-2011 sebagai Wasekjen bidang Kesra.
Banyaknya pengalaman berorganisasi, bagi penulis telah memberikan kepuasan tersendiri dan sekaligus telah menjadi corak berpikir yang beraneka ragam karena dinamika kehidupan sosial dimasyarakat, dan berkat berorganisasi pula telah membuat penulis terlibat banyak dalam mengikuti training-training diantaranya: training for Monitoring and Evaluating Programe Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS, Sukajadi Hotel, 01-04 November 2010, AusAID dan KPA Jawa Barat, Training Fasilitator Intervensi Perubahan Perilaku (IPP), Karangsetra Hotel, 20-25 Juni 2010, Global Fund R-8, dan PKBI Jawa Barat, Training of Trainer (TOT) PMTCT diselenggarakan oleh UNICEF bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Profinsi Jawa Barat, di Hotel Khatulistiwa Jatinangor Sumedang Jawa Barat, bulan Maret 2007, Training Leadership and Time Management diselenggarakan oleh IHPCP-AusAID bekerjasama dengan ILM, bertempat di Hotel Jayakarta Dago Luhur, Bandung Jawa Barat, bulan Maret 2007, Training Supervisory (Coaching With EQ) diselenggarakan oleh IHPCP-AusAID bekerjasama dengan International for leadership and life management (ILM) di Hotel Cemara Jakarta Pusat, bulan Oktober 2006, Training Institusional Depelopment Framework (IDF), diselenggarakan oleh NTO ISS- HCPI-AusAID, tahun 2006-2009, Training for Media Relation Advocacy diselenggarakan oleh IHPCP-AusAID bertempat di Hotel Salak Bogor Jawa Barat, tanggal 14-16 September 2005, Training for Konseling VCT tahap 1-3 dilaksanakan oleh IHPCP-AusAID Jawa Barat kerjasama dengan Burnet Indonesia, di Hotel Santika Bandung Jawa Barat, bulan September 2005 samapai dengan bulan Maret 2006, Workshop Care Support and Treatmen (CST) dilaksanakan oleh IHPCP-AusAID Jawa Barat bekerjasama Dinas Kesehatan Jawa Barat di Hotel Santika Bandung tahun 2005,
Training lain yang pernah diikuti Field Workers’ Training on HIV/A IDS Prevention, Care, Support and Treatment For Injecting Drug User diselenggarakan oleh Asian Harm Reduction Network (AHRN) kerjasama IHPCP-Indonesia, di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, pada bulan Desember 2005, Training for Fasilitator HIV 101 untuk Program HIV-AIDS di lapassustik Gintung Cirebon, diselenggarakan oleh Burnet Indonesia bekerjasama dengan IHPCP-AusAID Jawa Barat, di Hotel Kharisma, Kota Cirebon bulan Oktober 2004, Pelatihan Kader Lingkungan Hidup, diselenggarakan oleh STAIN Cirebon bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Deputi III, Nopember 2003, Pelatihan Kewirausahaan, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Cirebon di Hotel Mata Air Kuningan Jawa Barat, Maret 2001, Training of Traniner Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon 2000, Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR IV) Mahasiswa Pencinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA) STAIN Cirebon di Gunung Cupang tahun 2000, serta Pelatihan Jumalistik yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Cirebon 1999. 
Atas dorongan dari keluarga, sahabat dan teman sejawat kemudian penulis melanjutkan studi kembali di kampus Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta dengan mengambil konsentrasi Administrasi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar