Selasa, 13 November 2012

Budidaya Ikan Lele dalam Terpal


KELOMPOK BUDIDAYA IKAN LELE DALAM TERPAL
“CEMPAKA WANGI MANDIRI”
SELAYANG PANDANG
Di pulau Jawa Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air Tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat. Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan teknik dan cara cara melakukan pembudidayaan ikan lele sehingga semakin berkembang pesat. Hal ini tentu dipengaruhi pula oleh: a) ikan lele dapat dibudidayakan pada lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, b) teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, c) pemasarannya relatif mudah dan d) modal usaha yang dikeluarkan relatif rendah bila dibandingkan dengan bisnis ikan lainnya.
Ikan Lele memang tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin. Habitatnya berkembang di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Ikan lele termasuk ikan yang aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada saat siang hari, ikan lele lebih banyak berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat sejuk dan gelap. Pesatnya pertumbuhan budidaya ikan lele di Indonesia telah melahirkan istilah atau nama lain yang dikenal oleh masyarakat secara dinamis, misalnya ikan lele di Padang terkenal dengan nama ikan kalang, di Aceh terkenal dengan nama ikan maut, di Kalimantan lebih dikenal dengan ikan pintet, di Makasar dijuluki masyarakat sebagai ikan keling, di Bugis dikenal ikan cepi, sementara di pulau Jawa lebih terkenal dengan nama ikan lele atau lindi.
Pengembangan usaha budidaya ikan lele semakin meningkat setelah masuknya jenis ikan lele dari Afrika yang terkenal dengan nama dumbo ke Indonesia pada tahun 1985. Keunggulan lele dumbo dibanding lele lokal antara lain tumbuh lebih cepat, jumlah telur lebih banyak dan lebih tahan terhadap penyakit.

MANFAAT DARI BUDIDAYA IKAN LELE:
1.      Sebagai bahan makanan;
2.      Ikan lele yang dipelihara di sawah dapat bermanfaat untuk memberantas hama padi berupa serangga air, karena merupakan salah satu makanan alami ikan lele.;
3.      Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan) tidak teratur, hidung berdarah, kencing darah dan lain-lain.

TUJUAN MEMILIH USAHA BUDIDAYA LELE:
Karena konsumsi lele di pasaran lokal wilayah Cirebon Jawa Barat cukup tinggi. Sementara saat ini di Cirebon ikan lele masih kekurangan pasokan untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi masyarakat. Permintaan dari kota kabupaten tetangga seperti Indramayu, Kuningan Majalengka dan Kota Cirebon, maka kami kelompok petani yang berada di kabupaten Cirebon membentuk kelompok usaha bersama (KUBE) yang diberi nama Cempaka Wangi Mandiri yang beralamat di cempaka wangi blok C no 1, desa Cempaka, Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Karena prospek bisnis ikan lele sangat menjanjikan, maka kami berharap dengan dibentuknya KUBE ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani lele maupun masyarakat pada umumnya, serta diharapkan ikut berpartisipasi aktif membantu pemerintah kabupaten Cirebon dalam mengentaskan pengangguran di kabupaten Cirebon. amin ya Rabbal alamin
Wallahualam bissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar