Rabu, 14 November 2012

Langkah langkah mendirikan kolam terpal

Kolam ikan lele dalam terpal menjadi populer dimasyarakat seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri, ekonomi, melalui berbagai bentuk bisnis yang dilakukan oleh masyarakat sehingga berdampak langsung terhadap minimnya jumlah lahan kosong yang bisa digunakan untuk membuat kolam ikan lele secara permanen, walaupun masih terdapat para pembudidaya ikan yang menggunakan sistem sewa lahan untuk mengembang biakkan ikannya. Ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakna dengan menggunakan kolam ikan terpal. Diantaranya lele yang sedang naik daun saat ini.

Berikut ini adalah cara membuat kolam ikan terpal yang diambil dari sumber: "Budidaya Ikan di Kolam Terpal" karangan Cahyo Saparinto

1.  Siapkan bambu yang akan digunakan. Kemudian pasang bambu - bambu tersebut dengan model dan bentuk seperti gambar di bawah ini. Kolam terpal sendiri bisa dibuat dalam ukuran 2 x 3 x 1 meter, 4 x 5 x 1 meter, atau 4 x 8 x 1 meter.

2.   Pasang terpal yang telah dilubangi bagian tepinya dan diberi ring logam supaya tidak gampang robek. Kemudian ikat terpal pada kerangka bambu. Kebutuhan terpal untuk masing - masing ukuran kolam adalah sebagai berikut: kolam ukuran 2 x 3 x 1 meter membutuhkan luas terpal 4 x 5 meter kolam ukuran 4 x 5 x 1 meter membutuhkan luas terpal 6 x 7 meter.



3.  Langkah terakhir adalah memasang pipa atau selang untuk saluran pembuangan air apabila kolam kelebihan air. Cara memasang pipa atau selang bisa melihat gambar dibawah ini:




Sekian dulu semoga bermanpaat untuk kehidupan yang lebih baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar