Rabu, 21 November 2012

Pemberian Pakan Ikan Lele

Pemberian Pakan Ikan Lele – Cempaka Wangi Mandiri. Sebagai pemula dalam pembudidayaan ikan lele terkadang bingung bagaimana cara dan teknik memberi makan ikan lele, karena keterbatasan pengetahuan kita tentang cara membudidaya ikan lele secara unggul dengan harapan bisnis kita berjalan dengan mulus. Langkah langkah berikut ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara pemberian pakan ikan lele yang tergolong baik, hal ini sangat penting karena akan berpengaruh besar pada kesuksesan anda membudiyakan ikan lele.

Cara pemberian pakan pada ikan lele disaat anda melakukan pembesaran, pada dasarnya tidak terlalu susah, hanya perlu ketelatenan anda dalam melakukannya. Berikut ini kami bagikan tentang cara memberikan pakan pada ikan jenis lele yang meliputi tiga (3) hal, yang barangkali juga bisa anda peroleh melalui blog lain seperti berikut ini:
Waktu Pemberian Pakan - Tata cara pemberian pakan ikan lele yang pertama adalah mengetahui waktu pemberian pakan, ini merupakan hal yang sangat penting, selain harus mengatur waktu pemberian pakan lele sesuai dengan jaduwal yang telah ditentukan (per 5, 6 atau per 8 jam sekali). Pemberian pakan lele sebaiknya tidak terlalu pagi atau lebih tepatnya 1,5 jam setelah matahari terbit, hal ini berkaitan dengan pencemaran air dalam kolam. Jika sebelum jam tadi biasanya permukaan air dalam kolam masih tercemar oleh zat-zat merugikan yang dibawa oleh udara atau limbah lele itu sendiri sehingga jika pemberian pakan ikan lele terlalu pagi maka pakan akan tercampur dengan zat-zat tersebut dan dapat meracuni, sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan ikan lele itu sendiri. Penyakit yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan memberikan pakan yang terlalu pagi adalah radang insang yang diakibatkan oleh parasit.
Persiapan Pemberian Pakan - Persiapan pemberian pakan berbentuk pelet, sebaiknya pelet perlu dibibis (dibasahi dengan air/sebaiknya menggunakan air hangat), kecuali peletnya jenis yang tenggelam. Dengan dibibis, ikan lele yang memiliki sifat rakus tidak akan memakan pelet secara berlebihan. apabila lele makan berlebihan biasanya menyebabkan kematian karena terlalu banyak makan.
Untuk tata cara pemberian pakan ikan lele dari pakan tambahan persiapannya adalah dengan cara membersihkan pakan tersebut dengan baik, misalnya sebelum pemberian ayam tiren pada saat pembesaran, maka sebaiknya ayam tersebut direbus saja, jangan dibakar - kalau dibakar biasanya lemak yang terkandung dalam ayan tiren akan membuat kolam kotor yang dapat memicu pertumbuhan parasit berbahaya - karena jika direbus akan lebih matang secara keseluruhan & aman dikonsumsi oleh lele.
Cara Memberikan Pakan - Cara memberikan pakan ikan lele yang berbentuk pelet apung harus dilakukan dengan cara menyebar pelet menjadi tiga bagian, misalnya kolam ujung kiri, kanan dan tengah, langkah pertama adalah sebar pelet secukupnya di sisi ujung kiri dan kanan kolam, setelah pelet habis, sebar lagi secukupnya pada bagian tengah kolam, lakukan proses tersebut sampai ikan lele kenyang. Ikan lele yang sudah kenyang akan terlihat adanya butir pelet yang tersisa pada saat di tebar di permukaan kolam. Metode pemberian pakan seperti ini dilakukan agar ikan lebih aktif bergerak tetapi tidak saling bertabrakan.
Untuk pelet tenggelam cara memberikannya berbeda, pelet tenggelam tidak disebar, melainkan hanya ditebarkan pada satu titik, namun menebarnya sedikit-sedikit, karena lele termasuk ikan yang suka mengejar pakan yang bergerak, jadi dikhawatirkan pelet yang terlanjur tenggelam tidak dimakan lele, jika pada titik pemberian pakan pelet tenggelam respon ikan sudah nampak menurun, sebaiknya pemberian pakan dihentikan karena jangan sampai pakan tersisa dibawah kolam sehingga akan menimbulkan keracunan pada ikan lele.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar